Share

Catat! Kini Pembatasan Kendaraan di LEZ Tebet ECO Park Berbasis Aplikasi

Ari Sandita Murti, Sindonews · Jum'at 22 Juli 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 338 2634541 catat-kini-pembatasan-kendaraan-di-lez-tebet-eco-park-berbasis-aplikasi-BCESbxWjH0.jpg Ilustrasi polusi kendaraan (Foto: financialexpress)

JAKARTA - Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan, menguji coba pembatasan kendaraan di Tebet Eco Park berbasis aplikasi digital. Aplikasi buah kolaborasi dengan Suku Dinas (Sudin) Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kota Administrasi Jakarta Selatan itu, memudahkan petugas untuk menekan mobilitas kendaraan di lokasi Low Emission Zone (LEZ) atau Zona Emisi Rendah. 

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Susilo mengatakan, aplikasi sederhana ini menjadi embrio dalam filter kendaraan di lokasi LEZ dan masih uji coba. Nantinya, pengguna kendaraan yang bukan merupakan warga sekitar, akan dianjurkan untuk menghindari lokasi LEZ, atau memarkirkan kendaraannya di tempat yang sudah ditentukan.

"Di kawasan LEZ ini tidak berlaku atau dikecualikan untuk penduduk di kawasan Tebet sendiri. Dia boleh berlalu lalang di kawasan itu seperti biasa. Namun, warga luar Tebet diharapkan tidak lagi menggunakan kendaraan bermotor. Boleh bersepeda, jalan kaki dan dianjurkan memakai kendaraan umum kalau mau ke Tebet ECO Park," ujarnya, Jumat (22/7/2022).

BACA JUGA:Anies: Tebet Eco Park Harusnya Bisa Segera Dibuka Lagi 

Sebelumnya, wacana pembatasan kendaraan dilakukan dengan menggunakan stiker atau tanda tertentu. Mengingat pendataan kendaraan sudah dilakukan secara digital, Sudin Perhubungan Jakarta Selatan pun mengganti penanda pada kendaraan berbasis aplikasi.

"Makanya, karena penghimpunan data kendaraan sudah digital, kita manfaatkan data itu untuk petugas di lapangan. Petugas kan sudah memiliki handphone, kita minta Sudin Kominfotik Jakarta Selatan untuk membuat aplikasi sederhana untuk memfilter kendaraan yang dimilki warga," tambahnya.

BACA JUGA:Pemprov Berikan Kartu Merah ke Pengunjung yang Rusak Fasilitas Tebet Ecopark 

Pendataan Kendaraan bermotor sudah dilakukan oleh pihak Kecamatan Tebet, Kelurahan Tebet Barat, Kelurahan Tebet Timur, RT dan RW. Hasilnya, sebanyak 600 lebih kendaraan sudah diinput oleh petugas.

"Jumlah tadi memungkinkan adanya pengurangan dan penambahan kendaraan. Kan penyegaran atau updating data itu pasti dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Selatan Sugiono menuturkan, pihaknya mendukung upaya inovasi yang ada di Kota Jakarta Selatan. Salah satunya program kolaborasi yang akan diterapkan di Taman Tebet ECO Park.

"Ini pertama kalinya pembatasan kendaraan atau filterisasi kendaraan diterapkan pada kawasan LEZ, khususnya di Tebet Eco Park. Diharapkan setiap pengunjung yang nantinya datang, menggunakan kendaraan umum dan tetap bisa menikmati taman," tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini