Share

Anies Panen Anggur di Cilincing, Ajak Warga Jakarta Manfaatkan Lahan Kosong

Yohannes Tobing, Sindonews · Jum'at 22 Juli 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 338 2634557 anies-panen-anggur-di-cilincing-ajak-warga-jakarta-manfaatkan-lahan-kosong-gZJ2wrw7gm.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan panen anggur di Cilincing (Foto :MPI/Istimewa)

JAKARTA - Dalam upaya mendukung kelestarian lingkungan masyarakat, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan kreatif dalam memanfaatkan lahan terbatas.

Anies mencontohkan, ada banyak tempat dan masyarakat yang telah berhasil bertanam di lahan yang terbatas, salah satunya lahan anggur di Vero Grapes Farm, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.

"Masyarakat di seluruh wilayah Jakarta, sempatkan mampir ke sini, kemudian belajar, lalu gunakan pengalaman di sini untuk menumbuhkan hal yang sama di tempat masing-masing," kata Anies di lokasi Jumat (22/7/2022).

Anies mengajak komunitas ataupun keluarga di Jakarta untuk dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggalnya masing-masing ditengah kesibukannya. Dirinya mencontohkan tanaman yang bisa ditanam salah satunya adalah anggur.

"Anggur menjadi tanaman yang bisa ditanam oleh siapa saja, dan bisa dimakan oleh siapa saja. Karena selama ini anggur asosiasinya harganya mahal, nah kalau semua bisa menanam , maka semua akan bisa menikmati anggur," ucapnya.

Anies menambahkan dengan contoh nyata sebuah kolaborasi. Bagaimana pemerintah memainkan peran sebagai kolaborator dan warga sebagai kokreator yang berawal dari seorang warga bernama Sutarto.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

"Pak Tarto yang biasa menjaga ditempat ini memutuskan untuk mengubah belukar menjadi kawasan untuk bercocok tanam. Perubahan yang luar biasa pada tempat ini kemudian menjadi sebuah tempat kita semua bisa belajar," ujarnya.

"Cilincing biasanya diasosiasikan dengan panas gersang, anggur diasosiasikan dengan sejuk, teduh, tinggi, dan sekarang justru di Cilincing tumbuh anggur dengan 70 jenis varian anggur," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini