Share

Listrik Padam di Terminal 3 Bandara Soetta, Ini Penyebabnya

Nandha Aprilia, MNC Media · Jum'at 22 Juli 2022 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 338 2634766 listrik-padam-di-terminal-3-bandara-soetta-ini-penyebabnya-THO8QimzTX.jpg Listrik padam di Terminal 3 Bandara Soetta (Foto: istimewa)

TANGERANG - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalami pemadaman listrik, Jumat (22/7/2022).

Pelaksana harian (Plh) Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Candra Ananda membenarkan kejadian tersebut. Dia menuturkan kejadian ini terjadi pada sekitar pukul 19.31 WIB.

“Betul tadi sempat ada padam ya di Terminal 3, jadi padamnya ini lebih ke kedipan aja sekitar 0,1 detik durasinya. Dari informasi tadi ada (gangguan) aliran listrik dari PLN terjadi kedipan dan saat ini lagi proses (menyeluruh) nyala,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Dijelaskan Candra, dari kedipan lampu tersebut pun berpengaruh di beberapa hal, salah satunya pada sistem yang ada di Terminal 3 Bandara Soetta.

Baca juga: Pemadaman Listrik Bergilir, Orang Afrika Selatan Hidup Gelap-gelapan

Alhasil, butuh waktu sekitar 1 hingga 2 menit untuk membuat sistem kembali menyala dengan sempurna.

“Kalau tadi saya komunikasi dengan Terminal 3 memang ini butuh proses untuk restart sistem,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, ada beberapa tempat yang memang masih butuh waktu untuk menyala seperti halnya di bagian Baggage Handling System (BHS).

“Tapi itu tidak berdampak ke operasional di Bandara Soetta Terminal 3,” tandasnya.

Baca juga: 2 Kabupaten Kota di Kaltim Alami Pemadaman Listrik, Penyebabnya Masih Ditelusuri

Manager Unit Pelaksana Pelaksana Transmisi (UPT) Durikosambi, Gunawan membenarkan kejadian tersebut, Beliau menuturkan bahwa memang terjadi gangguan dari sisi PLN kurang lebih pukul 19.31 WIB.

“Pada pukul 19.31 WIB terjadi gangguan pada sistem penghantar kami pada ruas Lontar – Sindang Jaya yang disebabkan oleh layang-layang. Sistem proteksi kami bekerja dengan baik, yakni membaca gangguan benang layang-layang ini sebagai gangguan temporer dengan fault clearing time selama kurang lebih 79 mili second. Dampak yang dirasakan pelanggan termasuk di Terminal 3 Soekarno-Hatta kedipan berlangsung sekitar 0,1 detik,” katanya dalam keterangan tertulis.

Mendapati adanya kondisi yang tidak normal tersebut, segera PLN menurunkan pasukannya untuk melakukan pengecekan ke tower yang terdapat layang-layang tersebut, serta dilakukan pengambilan dan pembersihan benang layang-layang pada malam itu juga.

“Pentingnya pemahaman masyarakat tentang bahaya bermain layang-layang di dekat tower PLN, kepada seluruh masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di sekitar jalur Saluran Udara Tengangan Ekstra Tinggi (SUTET) ataupun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) karena selain dapat mengganggu aliran listrik juga dapat membahayakan diri sendiri,” imbau Gunawan. (fkh)

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini