Share

Tak Tertampung Lagi, Sampah di Karawang Menggunung hingga 15 Meter

Nila Kusuma, Koran Sindo · Selasa 09 Agustus 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 338 2644721 tak-tertampung-lagi-sampah-di-karawang-menggunung-hingga-15-meter-Oppr57vpXn.jpg Gunung sampah di Karawang/ Foto: Nila Kusuma

KARAWANG - Kapasitas tempat pembuangan akhir (TPA) Jalupang di Kecamatan Kotabaru, Karawang overload karena lahan tidak memadai untuk menampung semua sampah. Luas lahan TPA Jalupang 10 hektar dengan ketinggian maksimal 12 meter. Namun karena overload hingga ketinggian mencapai 15 meter dengan 1,2 juta kubik.

 BACA JUGA:Mengenal Arti Brigadir dan Bharada dalam Tingkatan Pangkat Polisi

"Setiap tahun volume sampah terus bertambah. TPA Jalupang dengan luas lahan 10 hektar sudah tidak mencukupi untuk menampung sampah di Karawang. Sekarang volume sampah mencapai 1,2 juta kubik, kita sudah kewalahan menampungnya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Wawan Setiawan, Selasa (9/8/22).

Menurut Wawan, luas TPA Jalupang 10 hektar sudah tidak memadai. Ketinggian sampah seharusnya maksimal 12 meter. Namun, karena volume sampai terus bertambah hingga mencapai 15 meter.

 BACA JUGA:Kekosongan Kursi Menpan-RB, Pengamat: Kuasa Penuh di Tangan Presiden

"Luas TPA Jalupang sudah tidak mampu menampung sampah. Jadi harus ada perluasan lahan TPA. Jika tidak kami kesulitan dalam mengelola sampah," kata Wawan.

Menurut Wawan, pihak DLH Karawang sudah mengajukan perluasan lahan ke pemerintah. Namun karena keterbatasan anggaran hingga kini belum dapat direalisasikan. "Tahun ini belum masuk dalam APBD karena keterbatasan anggaran," katanya.

Wawan mengatakan, mengantisipasi overload tersebut pihak DLH melakukan pengurangan volume sampah hingga tingkat bawah masyarakat. Caranya dengan mensosialisasikan tentang pemilahan sampah bernilai ekonomis kepada warga.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

DLH melakukan optimalisasi keberadaan bank sampah hingga Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

 BACA JUGA:Siswa SD Tewas Ditikam Pamannya saat Belajar di Kelas, Polisi Buru Pelaku

Selain upaya itu, pihaknya juga akan menggandeng pihak ketiga dalam penanganan pengurangan tumpukan sampah di TPA dengan menerapkan teknologi RDF (Refuse-Derived Fuel).

"Kalau berjalan baik bisa mengurangi tumpukan sampah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini