Share

Buruh Demo di DPR, Polres Jakarta Barat Siagakan 278 Personel

Dimas Choirul, MNC Media · Rabu 10 Agustus 2022 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 338 2645205 buruh-demo-di-dpr-polres-jakarta-barat-siagakan-278-personel-ZLzSA8hEQo.jpg Buruh demo di DPR, Polres Metro Jakarta Barat siagakan 278 personel. (MNC Portal)

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Barat menyiagakan sebanyak 278 personel gabungan baik Polres, Polsek jajaran dan polisi perairan (polair) untuk mengamankan demo buruh di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (10/8/2022).

"278 personel gabungan tersebut diterjunkan guna untuk memastikan kelancaran dan keamanan di mana wilayah Jakarta Barat merupakan jalur lintasan," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce saat dikonfirmasi, Rabu.

Dalam arahannya, Pasma berpesan agar para personel bertindak humanis dan persuasif dalam mengamankan aksi. Ia juga meminta seluruh personel untuk menaati standar operasional dan ketentuan di internal Polri terkait penggunaan kekuatan dalam tugas kepolisian.

"Selain itu dilakukan Tactical Floor Game (TFG), sebagai bentuk kesiapan pengamanan aksi unjuk rasa element buruh," ujar Pasma.

Dalam aksi ini, pihaknya menempatkan personel di beberapa titik, di antaranya TL Slipi, TL Tomang, Pospol Palmerah, Slipi Jaya, Jalan Brigjen Katamso, TL Kiapang, Aspol Petamburan, Flyover Jati Pulo, Flyover Jati Baru, dan kolong Flyover Slipi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi buruh digelar Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dengan titik kumpul di bawah flyover Taman Ria, Senayan, Jakarta Pusat. Aksi rencananya dimulai pukul 09.00 WIB dengan sejumlah tuntutan antara lain menolak UU Cipta Kerja, membatalkan RKUHP hingga menurunkan harga kebutuhan pokok.

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lokasi, sejumlah elemen buruh yang terlihat hadir yakni dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Astra Otopart Bogor (SPAWP).

Sementara itu, tampak pula dua mobil komando aksi telah disiapkan para buruh. Sembari menunggu massa lain datang, mereka melantunkan lagu-lagu perjuangan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini