Share

MNC Peduli Gandeng RSPI Sulianti Saroso, Tekankan Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan di Masa Pandemi

Yohannes Tobing, Sindonews · Jum'at 12 Agustus 2022 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 338 2646948 mnc-peduli-gandeng-rspi-sulianti-saroso-tekankan-pentingnya-pemeriksaan-kesehatan-di-masa-pandemi-aFwMv9kBos.jpg Foto: istimewa

JAKARTA - Meskipun virus Covid-19 telah melemah, namun masih ada peningkatan kasus Covid-19 di tanah air saat ini. Hal ini dikarenakan munculnya varian baru Omicron BA.4-BA.5

Mengantisipasi hal ini terjadi secara meluas, masyarakat diminta untuk tetap terus waspada. Karena bagi orang yang memiliki penyakit penyerta atau bawaan virus ini sangat beresiko.

Untuk itu, masyarakat bisa mendeteksi kesehatannya dengan melakukan medical check-up. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh seseorang dapat mengetahui kondisi tubuhnya.

 BACA JUGA:MNC Peduli Bagikan Ratusan Minuman Segar untuk Nakes di RSPI Sulianti Saroso

RSPI Sulianti Saroso berkolaborasi dengan MNC Peduli menghimbau serta mengajak semua lapisan masyarakat untuk menyadari pentingnya pemeriksaan menyeluruh secara berkala.

Spesialis penyakit dalam RSPI Sulianti Saroso, dr. Elisabeth Sipayung mengatakan, banyak masyarakat yang kerap memiliki penyakit yang pemicunya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Elisabeth mencontohkan seperti makanan yang kurang bernutrisi bagi tubuh, kurang berolahraga ataupun kurang gerak, jarang terpapar sinar matahari pagi, kurangnya beristirahat Hingg kurang konsumsi air putih.

"Dalam masa pandemi ini, kebanyakan orang berada didalam rumah. Jadi kurangnya pergerakan disamping itu juga meningkatnya gaya hidup, pola makan kita," kata Elisabeth saat ditemui, Jumat (12/8/2022).

 BACA JUGA:MNC Peduli Dukung Rumah Baca Krukut Depok untuk Tingkatkan Literasi Anak

Elisabeth mengatakan, dari kondisi tersebut tentu saja berpotensi bagi masyarakat mengidap penyakit yang tidak diketahui. Untuk itulah menurutnya sangat penting memeriksakan diri sejak dini.

"Dengan medical checkup kita bisa mengetahui apakah kita sudah ada penyakit jadi kita bisa mencegah sebelum penyakit itu semakin kronis ataupun semakin parah," ungkapnya.

Bahkan mendeteksi resiko kesehatan yang mungkin muncul di masa mendatang. Termasuk dapat mengetahui dan mengantisipasi secara dini bila terdapat sindrom metabolik.

Yakni kondisi yang menyebabkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, yang mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh dan kadar kolesterol yang tidak normal.

Banyak masyarakat merasa dirinya sehat sampai pada waktunya merasakan gejala sakit, baru kemudian memeriksakan diri ke dokter. Tidak jarang, kasus penyakit berat ditemukan dan sulit ditangani.

Elisabeth mengatakan bahwa ada beberapa orang yang perlu medical checkup seperti semua orang dewasa termaksud yang aktif bekerja dan masyarakat pekerjaan tertentu.

"Bisa juga para orang tua kita yaitu lansia ataupun kita sendiri dimasa produktif ini. Sehingga kita mencegah terjadinya penyakit oleh karena itu penting sekali kita melakukan MCU," ucapnya.

Adapun dalam proses untuk melakukan medical check up, Elisabeth menjelaskan ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tekanan darah.

"Dari situ kemudian kita juga kemudian lakukan EKG, Tredmil, Rotgen, USG, pemeriksaan mata, Gigi, THT dan pemeriksaan darah," jelas Elisabeth.

"Terakhir kita akan memberikan konsultasi kepada orang yang akan melakukan MCU jadi bisa diberikan rekomendasi-rekomdasi apa yang terbaik untuk pasien tersebut," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, MNC Peduli juga menyalurkan paket minuman segar untuk diberikan kepada tenaga kesehatan yang bertugas dalam melayani masyarakat di RSPI Sulianti Saroso.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini