Share

Polda Metro Jaya Akan Limpahkan Berkas Perkara Roy Suryo Hari Ini

Erfan Maaruf, iNews · Senin 15 Agustus 2022 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 338 2647839 polda-metro-jaya-akan-limpahkan-berkas-roy-suryo-ke-kejaksaan-hari-ini-e0hdDfgkRv.jpg Roy Suryo (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya akan melimpahkan berkas perkara meme stupa Borobudur dengan tersangka Roy Suryo pada hari ini, Senin (15/8/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pelimpahan berkas tersangka Roy Suryo ke Kejaksaan dilakukan usai penyidik menganggap berkas perakara telah lengkap.

"Berkasnya sudah lengkap sudah jadi. Kita akan kirim ke kejaksaan pada hari ini Senin," kata Zulpan.

Zulpan mengatakan bahwa penyidik juga akan menyerahkan Roy Suryo ke Kejaksaan bila berkas perkaranya sudah P21.

Baca juga: Berkas Perkara Roy Suryo Rampung, Polisi Akan Serahkan ke Kejaksaan

"Jadi pemberkasan sudah jadi tinggal kita kirim ke Kejaksaan. Kalau Kejaksaan dinyatakan lengkap sudah P21 baru kita lakukan tahap 2," pungkasnya.

Saat ini tersangka Roy Suryo masih menjalani penahanan di rutan Polda Metro Jaya. Permohonan penahanan yang sebelumnya diajukan oleh pihak kuasa hukum ditolak oleh penyidik.

Baca juga: Permohonan Penangguhan Penahanan Roy Suryo Ditolak!

Sebelumnya Roy Suryo telah mengajukan permohonan penangguhan penahanan di kasus meme stupa Candi Borobudur. Polda Metro Jaya mengaku menghormati langkah yang tengah ditempuh oleh Roy Suryo. Pengajuan penangguhan penahanan dilakukan pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Zulpan mengatakan, pihaknya saat ini belum menjawab pengajuan yang telah dilayangkan Roy Suryo tersebut. Dia menyebut diterima tidak penangguhan penahanan yang dilakukan Roy Suryo merupakan pertimbangan dari penyidik.

"Kewenangan untuk memutuskan layak atau tidak permohonan tersebut dikabulkan ada di tangan penyidik berdasarkan pertimbangan hukum terhadap kasus yang sedang dihadapi oleh tersangka. Hal ini diatur dalam KUHAP," terang Zulpan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini