Share

Viral! Portal Bertarif di Jalan Alternatif Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 338 2649884 viral-portal-bertarif-di-jalan-alternatif-bogor-CwH8kIlbDf.jpg Portal bertarif di Bogor (foto: dok medsos)

BOGOR - Beredar video di media sosial aksi pungli yang dilakukan sekelompok orang di wilayah Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Polisi sudah bergerak untuk menelusuri video viral tersebut.

Video aksi pungli itu diunggah oleh akun Twitter @txtdaribogor. Dalam awal video terlihat perekam mengambil gambar dari dalam mobil ke arah depan.

Terlihat sekelompok orang yang tengah membuka tutup jalan sempit menggunakan batang bambu. Ketika perekam hendak melintas, salah satu dari sekelompok orang itu langsung meminta uang.

 BACA JUGA:Viral! Preman Naik ke Kap Mobil, Pengemudi yang Takut Terus Melaju hingga Markas TNI

Setelah diberikan uang, batang bambu yang menghalangi jalan dibuka. Perekam video kembali berjalan melewati sekelompok orang tersebut.

"Portal bertarif di jalan desa kawasan bogor. Setelah ngelewatin beberapa pungli kita kehabisan duit kecil. Dan kita coba kasih 2 ribu tapi dia minta 5 ribu dan sambil cengengesan ngerayu minta ceban," tulis keterangan video dikutip MNC Portal, Kamis (18/8/2022).

 BACA JUGA:Viral Sol Sepatu Terlepas, Pengibar Bendera Tetap Fokus Baris-berbaris

Terpisah, Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat membenarkan kejadian dalam video tersebut. Tetapi, hasil penelusuran kejadian itu terjadi sudah 4 bulan lalu dan baru viral di media sosial sejak kemarin.

"Betul (video beredar di medsos) tapi kejadiannya 4 bulan yang lalu pak. Baru viral kemarin. Saya belum masuk ke sini (Polsek Ciawi) sudah kejadian, saya baru dua bulan," kata Agus dikonfirmasi MNC Portal.

Video itu terjadi di ruas jalan menuju Alternatif Puncak, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi. Dengan viralnya video ini, pihaknya akan mengumpulkan karang taruna dan LSM setempat untuk diberikan peringatan agar tidak melakukan aksi serupa.

"Iya mau ngumpulin lagi sama karang taruna juga, biar supaya tidak ada perbuatan gitu-gitu lagi lah menghalangi bambu dan dimintai duit gitu," jelasnya.

Kendati demikian, Agus mengaku semenjak bertugas di Polsek Ciawi telah mengumpulkan para pemuda, ormas dan LSM di wilayahnya untuk berkoordinasi agar tidak terjadi pelanggaran hukum. Terutama terkait aksi pungli kepada pengendara.

"Giliran saya datang (menjabat Kapolsek Ciawi) itu sudah saya kumpulin semua tuh LSM, ormas gitu apabila dalam hal ini macet membantu kelancaran, mangga saja tapi jangan sampai ada pemaksaan minta duit sampai diportal gitu," ungkapnya.

Tetapi, dipastikannya aksi pungli dengan portal bambu seperti video viral sudah tidak ada. Hanya warga mengatur jalan tidak melakukan pemaksaan.

"Sementara ini untuk yang jaga portal gak ada, cuma (ada) yang suka ngatur-ngatur di jalan belok sini pak, belok sana yang ngasih duit seribu pak ogah lah masuk jalan kampung gitu ya kan pengendara ada yang gak tahu itu ditunjukin jalan dikasih uang seribu dua ribu," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini