Share

Ada Temuan Kasus di Jakarta, Masyarakat Diminta Waspada Cacar Monyet

Carlos Roy Fajarta, · Senin 22 Agustus 2022 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 338 2651827 ada-temuan-kasus-di-jakarta-masyarakat-diminta-waspada-cacar-monyet-Fve3qvpAFy.jpg Ilustrasi cacar monyet/Freepik

JAKARTA - Kasus cacar monyet atau monkeypox terkonfirmasi dari seorang pasien laki-laki berusia 27 tahun di Jakarta melalui tes PCR yang dilakukan pada hari Jumat yang lalu.

Hasil tes PCR tersebut dipastikan pasien positif mengidap penyakit cacar monyet.

“Jauh-jauh hari kita sudah mengingatkan, awas cacar monyet sudah berada di teras Indonesia. Nah, terbukti kan sekarang wabah yang yang sudah dinyatakan World Health Organization (WHO) berstatus darurat kesehatan global ini sudah masuk ke Indonesia,” kata Rahmad Handoyo kepada, Minggu (21/8/2022).

Ia menyebutkan meskipun wabah cacar monyet sepertinya sulit untuk dielakkan, masyarakat tidak perlu takut dan panik.

Tapi agar wabah ini tidak sampai meluas, masyarakat diminta lebih berhati-hati dan waspada.

“Dengan terkonfirmasi-nya cacar monyet ini jangan sampai menimbulkan kepanikan. Tapi ya, marilah kita berusaha sekuat tenaga melalun berbagai upaya nyata agar wabah ini jangan sampai meluas,” kata dia.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Handoyo meminta jika ada warga masyarakat yang mengalami tanda-tanda yang mengarah kepada cacar monyet, yang bersangkutan harus segera melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan.

“Masyarakat harus diedukasi secara massif agar mengerti apa dan bagaimana itu cacar monyet," tambah Rahmad Handoyo.

Sosialisasi pola hidup sehat dan proses penyebaran cacar monyet perlu lebih diperluas agar masyarakat dapat terhindar dari penyakit tersebut.

"Apa tanda-tandanya, bagaimana penyebarannya dan langkah apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala. Edukasi seperti ini harus dilakukan pemerintah agar masyarakat bisa antisipasi terlularnya cacar monyet,” pungkas Rahmad Handoyo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini