Share

Berkas Dilimpahkan ke Kejaksaan, Roy Suryo Segera Disidang Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 24 Agustus 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 338 2653547 berkas-dilimpahkan-ke-kejaksaan-roy-suryo-segera-disidang-kasus-meme-stupa-mirip-jokowi-SThEF8QPnu.jpg Roy Suryo/Foto: Okezone

JAKARTA - Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melimpahkan ke kejaksaan berkas perkara kasus meme stupa Candi Boroboudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tersangka mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

"Roy Suryo sekarang berkasnya sudah dilimpahkan penyidik, dilimpahkan ke kejaksaan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Rabu (24/8/2022).

(Baca juga: Viral Roy Suryo Ikut Touring Komunitas Mobil Meski Jadi Tersangka, Ini Reaksi Polisi)

Menurutnya, usai pelimpahan tahap 1 ini, tim jaksa akan meneliti berkas perkara tersebut. Jika dinyatakan lengkap, maka penyidik akan segera melakukan pelimpahan tahap 2.

Namun, kata Zulpan, jika berkas perkara dinyatakan belum lengkap oleh jaksa, maka penyidik akan melengkapinya untuk kemudian diserahkan kembali kepada kejaksaan.

"Ini sebagai bukti komitmen dari Polda Metro dalam rangka penegakan hukum berkeadilan bagi semua pihak," tutup Zulpan.

Roy Suryo terancam enam tahun penjara dari sangkaan pasal yang disematkan terkait kasus dugaan ujaran kebencian bernuansa SARA.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Penyidik menjerat Roy Suryo dengan beberapa pasal terkait dengan tindak pidana yang dilakukannya. Dalam hal ini ancaman penjara paling tinggi selama enam tahun.

Pasal yang disangkakan, Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE . Dalam pasal ini pidana yang dikenakan terhadap tersangka ancaman paling lama enam tahun penjara atau denda Rp1 miliar.

Tak hanya itu, Roy Suryo juga disangka melanggar Pasal 156 a KUHP dengan ancaman hukumam pidana lima tahun penjara. Dan Pasal 15 UU nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan hukuman penjara dua tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini