Share

Jelang Harga BBM Naik, Pengendara Berebut Isi BBM di SPBU

Hambali, Okezone · Rabu 31 Agustus 2022 22:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 338 2658509 jelang-harga-bbm-naik-pengendara-berebut-isi-bbm-di-spbu-owgF0Chi3M.JPG Antrean BBM di SPBU (Foto MPI)

TANGERANG - Antrian pengendara mengular di sejumlah SPBU di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 31 Agustus 2022 malam. Di antara pengendara bahkan sempat bersitegang akibat berebut antrian.

Antrian panjang terjadi sejak sore hari tadi di SPBU Parakan, Pamulang. Begitu pun di SPBU yang berada di seberang Vila Dago, Pamulang. Baik sepeda motor dan mobil sama-sama mengantri hingga ke luar area SPBU.

"Katanya mau naik mulai tanggal 1 (September), maka nya kita isi full dari sekarang," tutur pengendara motor, Rakhmat (39) di SPBU Parakan.

Saking panjangnya antrian yang mengular hingga ke jalan raya, arus lalu lintas pun ikut tersendat. Kemacetan sulit dihindari akibat banyak kendaraan yang berupaya masuk ke dalam SPBU.

Insiden kecil sempat terjadi saat sepasang remaja pengendara motor berselisih paham dengan pemotor lain yang masuk di tengah antrian. Beruntung keributan bisa dicegah setelah dilerai sekuriti dan pengendara lain.

"Karena salah paham aja tadi," terang seorang pegawai SPBU di lokasi.

Penyesuaian harga BBM subsidi, Pertalite dan Solar dikabarkan dilakukan di awal bulan September 2022. Secara hitungan keekonomian, harga Pertalite dan Solar saat ini bakal naik.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, harga Pertalite dijual jauh di bawah harga keekonomian. Harga Pertalite saat ini dijual sebesar Rp7.650 per liter padahal seharusnya dijual Rp17.200 per liter (harga keekonomian pada Juli 2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan begitu, dari penjualan Pertalite saja ada selisih sebesar Rp9.550 per liter. Hal ini tentu menjadi beban untuk Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) karena Pertalite masuk kategori BBM subsidi.

Senada dengan Dirut Pertamina, Menteri ESDM Arifin Tasrif mempunyai hitungan harga keekonomian Pertalite mencapai Rp17.200 per liter dari harga saat ini Rp7.650 per liter.

Kemudian, harga keekonomian Solar adalah sebesar Rp17.600 per liter. Adapun keekonomian Pertamax adalah sebesar Rp19.900 per liter.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini