Share

Pascakebakaran, Revitalisasi Kampung Gembrong Akan Selesai 2 Minggu

Muhammad Farhan, MNC Portal · Minggu 04 September 2022 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 338 2660423 pascakebakaran-revitalisasi-kampung-gembrong-akan-selesai-2-minggu-sCildhjY1c.jpg Rumah warga Pasar Gembrong yang terbakar (foto: dok MPI)

JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Timur mengumumkan progres pembangunan Kampung Gembira Gembrong kini telah memasuki fase finishing (penyelesaian). Pemkot Jaktim pun menyampaikan progresnya secara persentase telah mencapai 86,13%.

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar yang menjelaskan kemajuan proses revitalisasi Kampung Gembira Gembrong saat memimpin rapat Monitoring dan Evaluasi Penataan Kawasan Kampung Gembrong di Ruang Rapat IV Lantai 2 Blok A, Kantor Walikota, pada Jumat 2 September 2022.

"Alhamdulillah, diharapkan dua minggu kedepan bisa selesai dan sambil paralel berjalan sarana prasarana dalam penyelesaian jalan, air bersih, listrik dan taman dan lain sebagainya,” jelas Anwar dikutip dari keterangan resmi di laman Pemkot Jaktim, Minggu (4/9/2022).

 BACA JUGA:Tak Pakai APBD, Wagub DKI Beberkan Sumber Dana Revitalisasi Kampung Gembira Gembrong

Ia pun menegaskan, ratusan rumah yang hangus terbakar pada kebakaran hebat kemarin tersebut, kini sudah memasuki tahap penyelesaian semata. Dengan begitu, Anwar sampaikan rencananya akhir September 2022, Kampung Gembira Gembrong dapat diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

"Yang jelas pembangunan dari 136 rumah sudah selesai terbangun tinggal finishing saja," ujarnya.

 BACA JUGA:Anies Targetkan Pembangunan Kampung Gembira Gembrong September Rampung

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kampung Gembira Gembrong yang terletak di Pasar Gembrong, RW 001 Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, lanjut Anwar, berhasil direvitalisasi berkat kerja sama sejumlah pihak yang mendukung baik dari segi anggaran maupun perangkat pembangunnya.

"Pembangunan merupakan hasil dari dana ZIS (Zakat Infaq Shodaqoh) Baznas Bazis yang berkolaborasi bersama para UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) di Jakarta Timur," terang Anwar.

Lebih lanjut, Anwar menjelaskan, saat ini warga Kampung Gembrong tersebut menempati lokasi penampungan sementara di Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Utara. Mereka juga diberikan berbagai pelatihan dengan harapan merubah pola dan tingkah laku mereka untuk lebih baik lagi.

”Diharapkan, dari mereka saat menerima pemberian fasilitas yang berkonsep dari Kampung Gembira Gembrong dapat lebih baik ekonominya, perilakunya termasuk lingkunganya,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini