Share

4 Hari Kawal Demo Harga BBM, Polisi Amankan 6 Orang Diduga Anarkis

Irfan Maulana, MNC Portal · Kamis 08 September 2022 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 338 2663786 4-hari-kawal-demo-harga-bbm-polisi-amankan-6-orang-diduga-anarkis-FvsuBiLyMG.jpg Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin di Bundaran Patung Kuda (foto: MPI/Irfan)

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat selam empat hari melakukan pengawalan unjuk rasa (Unras) tolak harga Bahan Bakar Minyak (BBM), telah mengamankan enam orang dari elemen Gerakan Pemuda Islam (GPI).

"Selama beberapa hari ini hanya yang 2 hari yang lalu (Senin/6/8/2022). Kalau enggak salah dari elemen GPI, karena itupun tindakannya sudah diluar batas," kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin usai mengawal unjuk rasa mahasiswa di Patung Kuda, Kamis (8/9/2022).

 BACA JUGA:Demo BBM Selesai, Giliran Pasukan Oranye Berjibaku Bersihkan Sampah di Kawasan Patung Kuda

Kata dia, enam orang demonstran tersebut masih ditahan di Polda Metro Jaya dan tengah dilakukan pemeriksaan.

"Yang kami nilai itu sudah membahayakan dan mengganggu ketertiban umum dan saat ini sedang menjalan pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya," jelasnya.

 BACA JUGA:Demo Harga BBM, Mahasiswa Bakar Ban dan Saling Dorong dengan Polisi

Diketahui, sudah empat hari DKI Jakarta didatangi oleh masyarakat dari berbagai kalangan yang melalukan unjuk rasa tolak kenaikan harga BBM.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada hari keempat, Kamis, (8/9/2022) polisi telah mangawal unjuk rasa ratusan massa mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI), Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEMnus), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Unras yang dimulai dari pukul 13.00 WIB tersebut berjalan lancar meskipun sempat terjadi kericuhan. Dimana, mahasiswa berhasil menerobos pertahanan polisi lapis pertama yakni pagar kawat berduri.

Dua kubu itu pun saling dorong-dorongan. Namun, tidak terjadi aksi anarkis. Massa yang hendak menuju istana kepresidenan RI itu pun membubarkan diri pada pukul 18.00 setelah gagal menerobos pertahanan polisi.

"Alhamdulillah seluruh kegiatan penyampaian pendapat di muka umum yang berada di wilayah jakarta pusat sebagaimana diketahui bahwa hari ini ada tersebar di sepuluh titik. Terkait dengan BBM hanya ada di Patung Kuda kemudian 9 titik lainnya tidak terkait dengan BBM," pungkas Komarudin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini