Share

Antisipasi Demo, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Sekitar DPR

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Senin 12 September 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 338 2665548 antisipasi-demo-polisi-siapkan-rekayasa-lalu-lintas-sekitar-dpr-QARiXoyAW1.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Kepolisian menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2022).

Kanit Lantas Polsek Tanah Abang AKP Efo Rudy mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan bila peserta unjuk rasa memadati ruas jalan depan Gedung DPR RI, tepatnya Jalan Gatot Subroto. Adapun rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di bawah jalan layang Landogi.

"Di sekat dua (ruas jalan di) underpass Landogi, nanti apabila ini tidak bisa dilintasi untuk kendaraan, kami akan alihkan ke kiri ke arah Hotel Mulya, nanti kami akan belokan ke kiri lagi," kata Rudy saat ditemui di depan Gedung DPR RI.

BACA JUGA:Ada Demo, Gedung DPR RI Dijaga Ketat 

Kemudian, bagi pengedara dari Hotel Mulya ke arah Gedung DPR RI, kata Rudy, pihaknya akan mengatahkan untuk putar balik .

"Itu SOP yang kami lakukan untuk supaya tidak masyarakat terjebak," tutur Rudy.

 

Rudy mengungkapkan pemberlakuan rekayasa lalu lintas itu melihat situasi dan kondisi aksi unjuk rasa. Baginya, penerapan itu ditujukan agar masyarakat nyaman melintas Gedung DPR RI.

"Jadi prioritas kami adalah tetap bisa dilalui masyarakat. Untuk peserta aksi unjuk rasa kami kanalisasi di dalam sini, itu prioritas kami," ujar Rudy.

BACA JUGA:PA 212 Demo ke Istana, Ngabalin: Silakan Gunakan Hak Demokrasi 

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Rudy menambahkan, setidaknya ada 80 petugas lalu lintas yang telah disiagakan untuk mengantisipasi unjuk rasa di DPR RI. Puluhan petugas itu tersebar di sejumlah titik.

"Untuk hari ini, lalu lintas kami sebar semua, baik dari Manggala, DPR, Asia Afrika, seterusnya sampai dengan underpass Landogi. Untuk lalin hari ini kami libatkan 80 persknel tersebar di seluruh titik ujung untuk mengantisipasi supaya lalin yang ke arah Slipi tidak alami hambatan," terang Rudy.

Seperti diketahui, Gedung DPR RI telah dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Penjagaan dilakukan guna mengantisipasi aksi unjuk rasa terkait penolakan kenaikan harga BBM.

Dari pantauan MNC Portal di lapangan, sejumlah kendaraan taktis (rantis) disiagakan di depan gerbang utama Gedung DPR RI. Tak hanya itu, puluhan motor trail, dua uni mobil ambulans, dan tiga unit mobil pemadam kebakaran juga disiagakan di depan halaman utama Gedung DPR RI.

Sementara itu, belum terlihat pengunjuk rasa yang datang di Gedung DPR RI. Dari informasi yang diterima, setidaknya ada tiga kelompok yang akan berunjuk rasa di DPR RI. Ketiga kelompok itu ialah BEM Universitas Azzahra, Pergerakan Aktivis Nusantara, dan Poros Baru Batavia Memanggil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini