Share

Ini Imbauan Polisi kepada Massa Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

Irfan Maulana, MNC Portal · Kamis 15 September 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 338 2668001 ini-imbauan-polisi-kepada-massa-aksi-tolak-kenaikan-harga-bbm-XvB8Lqyw71.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin meminta kepada massa yang ingin unjuk rasa tolak kenaikan harga BBM untuk memberitahukan kepada kepolisian sebelum beraksi.

Kata dia, agar pihak kepolisian bisa menyiapkan lokasi sehingga unjuk rasa bisa berjalan tanpa menggangu aktivitas masyarakat umum.

"Sehingga kami pun petugas bisa menyiapkan tempat untuk mereka melakukan aspirasinya, yakni di tempat yang dianggap mengganggu aktivitas masyarakat umum. Kalau bersikaras mereka tetap di jalur, berarti mereka kan ikut merugikan masyarakat," ujar Komarudin kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (15/9/2022).

 BACA JUGA:Imbas Demo Tolak Kenaikan BBM, Polisi Kembali Alihkan Lalin Sekitar Istana

Dia mengatakan, penyampaian aspirasi dimuka umum sudah diatur dalam Undang-undang (UU) nomor 9 Tahun 1998. Dalam UU itu disebutkan penyampaian aspirasi di muka umum wajib memberitahukan kegiatan penyampaian pendapat di muka umum secara tertulis kepada Polri. Pemberitahuan disampaikan oleh yang bersangkutan, pemimpin, atau penanggung jawab kelompok

"Harapannya mereka menyampaikan aksi tanpa harus mengganggu aktivitas, karena semua orang kan juga butuh beraktivitas pada hari ini, yang mau kerja dan aktivitas," tuturnya.

 BACA JUGA:Demonstrasi Tolak Kenaikan Harga BBM Berlanjut, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalin di Kawasan Istana Negara

"Nah ini yang kita harapkan kepada korlap (koordinator lapangan) atau massa aksi silakan saja, kita sudah menyiapkan tempatnya di barat daya, pintu masuk Monas barat daya itu kita siapkan tempat Khusus untuk menyampaikan pendapat," tambahnya.

Diketahui, saat ini gelombang unjuk rasa tolak kenaikan harga BBM sudah memasuki hari kesebelasan. Dijadwalkan pada hari kesebelasan ini, seribuan massa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI) akan unjuk rasa ke Istana Merdeka Kepresidenan RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Kepolisian pun juga akan menerjunkan 1.200 personel untuk mengawal unjuk rasa itu.

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini