Share

Anies Minta Emak-Emak Ajak Anak ke Pasar Tradisional, Ajarkan Seni Tawar-Menawar

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 22 September 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 338 2672684 anies-minta-emak-emak-ajak-anak-ke-pasar-tradisional-ajarkan-seni-tawar-menawar-MzeieqkySN.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ingin budaya transaksi tawar-menawar di pasar hilang. Ia pun meminta orang tua mengajak anak-anak saat belanja kebutuhan pokok ke pasar.

"Pasar adalah tempat bertemunya penjual-pedagang, berinteraksi antar masyarakat. Pasar itu jangan sampai hilang, di sinilah suasana indonesia itu terjaga. Hanya di pasar tradisional ada seni menawar. Begitu sampai tempat lain, seni itu hilang dan yang saya khawtirkan adalah generasi kedua kita, generasi ketiga kita engga terampil lagi menawar. Sudah terbiasa dengan fixed price. Kenapa? Karena tidak tumbuh dalam suasana ekosistem pasar. Kita-kita yang masih tumbuh dalam suasana ekosistem pasar, menawar itu biasa," ujar Anies di Pasar Cipinang Kebembem, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022).

Anies meminta Dirut Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo agar mendorong atau membuat program agar orang tua mengajak anak-anak agar pandai tawar-menawar. Sebab, Ia menilai kalau tidak dipraktikan hanya orang tua yang mengetahui harga pasar.

"Tapi kalau generasi berikutnya, kok ditawar? Iya ya ditawar, apa aja ditawar. Nah baik, ini poin kedua, saya mengajak kepada semua, Pak Dirut dan jajaran coba dorong supaya ada program mereka yang berbelanja membawa anak untuk ikut, membawa supaya mereka terbiasa dalam situasi2 transaksi pasar. Kalau tidak nanti ibunya terus yang datang ke pasar. Ibunya yang tau harga pasar," tuturnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Sebagai informasi, Anies meresmikan empat pasar yang rampung direvitalisasi diantaranya Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat.

Hadir mendampingi Anies dalam peresmian diantaranya Dirut Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo, Dirut Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi, Dirut Transjakarta M Yana Aditya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Walikota Jakarta Timur M Anwar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini