Share

Anies Sidak Biang Kerok Kemacetan di Perempatan Fatmawati Jaksel, Temukan Jalur Sempit

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 23 September 2022 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 338 2673345 anies-sidak-biang-kerok-kemacetan-di-perempatan-fatmawati-jaksel-temukan-jalur-sempit-A394lGCQ11.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat sidak kemacetan di Fatmawati/ Foto: Instagram

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) mencari tahu masalah biang kerok kemacetan di perempatan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis malam (22/9/2022).

Dalam unggahan laman cerita Instagram @aniesbaswedan sidak didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Syafrin Liputo, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho, dan Walikota Jakarta Selatan Munjirin.

 BACA JUGA:Hakim Agung Sudrajad Dimyati Tersangka Korupsi, Begini Reaksi MA

Anies menemukan sejumlah permasalahan dari hasil sidaknya. Salah satunya sejumlah jalan tidak memiliki lebar yang konsisten atau sama yang diduga menjadi simpul kemacetan selama ini di wilayah Fatmawati.

"Ini kegiatan yang biasa kita lakukan mengecek di lapangan. Jadi kita terus menerus mereview hal-hal yang harus diperbaiki. Tadi kita review tentang lebar jalan tak konsisten. Itu dikerjakan di banyak tempat, ini salah satu contoh yang kita periksa," kata Anies kepada wartawan di lokasi.

 BACA JUGA:Hakim Agung Tersangka Suap Kepengurusan Perkara Belum Dipecat, MA Tunggu Kepastian Hukum

Kemudian, Anies juga menemukan ruko atau bangunan yang tempat parkir kendaraannya mengambil jalan umum dan trotoar. Menurutnya itu menjadi salah satu permasalahan yang menimbulkan kemacetan.

"Ada beberapa kawasan setelah ada perubahan yang berjalan pelan-pelan sekali berjalannya, sedikit demi sedikit bangunan-bangunan tempat parkir mengambil jalan umum, sehingga muncul kemacetan tidak perlu," ujar Anies.

Anies menyebut sidak telah dilakukan sejak sore hari tadi. Namun tidak dijelaskan Ia melakukan sidak ke wilayah mana saja. Eks Mendikbud RI itu mengatakan temuan ini tak hanya didapati dari perempatan Fatmawati semata.

"Sebenarnya ini bukan hanya tempat ini, tapi banyak tempat. Tetapi kita lihat, satu tempat ini untuk dijadikan contoh nanti akan dilakukan perbaikan masalah serupa di berbagai wilayah di Jakarta," ucap Eks Mendikbud RI.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Lebih lanjut, Anies menjadikan Perempatan Fatmawati contoh kawasan yang mesti diperbaiki. Sebab, kawasan tersebut kerap menjadi simpul kemacetan imbas penyempitan lajur atau bottleneck.

"Jadi kita menggunakan ini sebagai contoh bagaimana sebuah perempatan misalnya, itu satu jalan bisa 4 mobil, begitu melewati perempatan berubah jadi 3 mobil. otomatis terjadi bottleneck, terjadi kemacetan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini