Share

Polda Metro Sebut Informasi Peretasan 26 Juta Data Base Ditkrimsus Hoaks!

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 23 September 2022 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 338 2673555 polda-metro-sebut-informasi-peretasan-26-juta-data-base-ditkrimsus-hoaks-G6P6U5ysbk.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengklaim tidak ada peretasan pada 26 juta data Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus). Data tersebut dalam kondisi aman dan informasi peretasan 26 juta data yang diunggah dalam situs gelap Brached Forum hoaks.

"Intinya untuk server, data, aplikasi - aplikasi di Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya serta sistem keamanan semuanya hingga saat ini aman," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Zulpan memastikan, data informasi yang disampaikan Brached Forum tersebut hoaks. Dia menyebut saat ini tim khusus dari Mabes Polri tengah menelusuri kasus tersebut untuk menangkap pelaku penyebar hoaks tersebut.

"Tim khusus Mabes Polri masih melakukan pendalaman untuk mencari tahu serta memburu pelaku peretas tersebut," tutup Zulpan.

 BACA JUGA:American Airline Diserang Hacker, Data Pelanggan dan Karyawan Dicuri

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo sebelumnya juga memastikan data yang diunggah di Brached Forum merupakan data usang. Hal ini diketahui berdasar hasil penelusuran tim siber Mabes Polri.

"Saya sudah tanyakan. Setelah didalami Tim Siber, itu hoaks. Data pada tahun 2016," ujar Dedi.

Selain itu, Dedi juga memastikan data yang diunggah Brached Forum bukan lah data rahasia alias bisa didapatkan dengan mudah di internet. Di sisi lain, data yang diunggah Brached Forum menurutnya juga banyak yang keliru.

"Data itu bisa didapat di internet. Datanya dari Polda Kalteng wis enggak nyambung dengan Polda Metro," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini