Share

Anies: Layanan Transportasi Umum Andal Salah Satu Bentuk Mencapai Keadilan Sosial

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 26 September 2022 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 338 2674812 anies-layanan-transportasi-umum-andal-salah-satu-bentuk-mencapai-keadilan-sosial-UbsqVspvM5.jpg Anies Baswedan/ Foto: Instagram

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba jadi sopir angkot Mikrotrans ber-AC JAK26 rute Terminal Rawamangun-Duren Sawit. Ia mengantar 'Emak-Emak' yang hendak ke Pasar Klender, Jakarta Timur.

Anies menyebut layanan transportasi umum yang andal bentuk mencapai keadilan sosial dan kota lestari. Diketahui transportasi andalan di Era Anies yakni JakLingko dengan tarif Rp0 alias gratis.

"Layanan transportasi umum yang andal merupakan salah satu cara untuk mencapai keadilan sosial dan kota yang lestari. Layanan Mikrotrans (yang biasa disebut angkot Jaklingko) sudah hadir sejak 2018 untuk menjangkau warga Jakarta," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Senin (26/9/2022).

Anies berharap cakupan persentase layanan angkot JakLingko terus bertambah dan ditargetkan pada 2022 ini mencapai 95 persen masyarakat terjangkau.

"Dengan terintegrasinya layanan angkot ke dalam Mikrotrans, persentase warga Jakarta yang tinggal dalam radius 500 meter dari titik perhentian angkutan umum meningkat dua kali lipat dari 42% pada tahun 2017, menjadi 83% pada 2021. Persentase ini ditargetkan terus bertambah hingga mencapai 95% di 2022," ucap Anies.

Anies menceritakan pagi itu mencoba mengendarai Mikrotrans (Jaklingko) AC dipandu oleh Pak Sihombing, pramudi yang biasa mengendarai Mikrotrans Jak 26 rute Rawamangun - Duren Sawit. Kami berbincang sepanjang perjalanan dan juga dengan para penumpang tentang pengalaman sehari-hari naik Mikrotrans.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

"Kita merasakan bahwa kebijakan ini sudah sesuai untuk tipologi kota Jakarta, di mana banyak jalan sempit dan permukiman padat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti sinyal mesin tap kartu sempat blank, yang tentunya menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan," tuturnya.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan untuk mikrotrans AC sendiri saat ini melayani rute Jak 10A Gondangdia - Cikini dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini