Share

Gubernur Maluku Murad Ismail Puji Anies Baswedan: Sangat Perhatian Pada Maluku

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 28 September 2022 01:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 338 2676292 gubernur-maluku-murad-ismail-puji-anies-baswedan-sangat-perhatian-pada-maluku-vRQhgUtpO5.jpg Ilustrasi/ Doc: Pemprov DKI Jakarta

JAKARTA - Gubernur Maluku Murad Ismail memuji Gubernur DKI Anies Baswedan yang telah memberikan perhatian kepada Maluku. Hal itu disampaikan Murad Ismail usai penandatanganan nota kesepahaman tentang Pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB) antara Bank DKI dengan Bank Maluku-Maluku Utara.

"Kita bersyukur Gubernur Anies sangat memberikan perhatian kepada Maluku. Saya pun menilai ini adalah aksi nyata yang luar biasa," katanya, Selasa (27/9/2022).

 BACA JUGA:Siswi SMA di Buton Kesal Kejar Jokowi hingga HP Rusak, Dikasih Bingkisan

Dia beserta jajarannya merasa sangat terhormat karena realisasi kerja sama ini mampu diwujudkan. Di samping Pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB), Ia juga menjelaskan bahwa Maluku sangat kaya dengan potensi alamnya, termasuk potensi pariwisata.

"Kembali kepada kerja sama, banyak sekali potensi yang ada di Maluku yang bisa kita jual ke Jakarta. Jadi, kita bisa mengambil peluang ini untuk bagaimana hasil alam kita di Maluku bisa dipasarkan di Jakarta," ujar Gubernur Murad.

 BACA JUGA:Mendorong Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami untuk Mengurangi Risiko Kerusakan

Adapun, penandatanganan MoU disaksiakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Maluku Murad Ismail di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022). Anies mengapresiasi terwujudnya kembali sebuah realisasi kerja sama lintas daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga di masing-masing wilayah.

"Hari ini kami mendapatkan kehormatan dari Gubernur Maluku hadir bersama jajaran, dan juga pimpinan Bank Maluku dan Maluku Utara. Kami melakukan kerja sama ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan warga Jakarta maupun Maluku. Nanti ada banyak potensi yang bisa kita kembangkan langsung dari BUMD kita," kata Anies.

Anies juga membahas potensi kerja sama antar daerah ini dengan Maluku yakni dalam hal kebutuhan beras, ikan, pasokan daging, telur, di mana komoditas ini juga telah sering dilakukan dengan wilayah lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Nah, dengan Maluku kita berharap bisa konkritkan juga dalam waktu dekat. Jadi kami ingin sampaikann rasa syukur alhamdulillah, gubernur sendiri menyempatkan untuk bisa hadir bersama di sini. Mudah-mudahan ini menjadi awalan yang baik untuk kerjasama Jakarta dan Maluku, baik G2G maupun P2P," ucap Anies.

Sebagai informasi, latar belakang kerja sama ini untuk menindaklanjuti Peraturan Otoritas Jasa Keuanga (POJK) Nomor 12/POJK.03/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, di mana Bank DKI bermaksud membentuk Kelompok Usaha Bank (KUB) bersama Bank Maluku dan Maluku Utara (Bank Maluku Malut), sebagaimana telah tertuang dalam Buku Revisi Rencana Bisnis Bank (RBB) PT Bank DKI Tahun 2022-2024.

Pemilihan Bank Maluku Malut didasari persamaan perspektif dalam konsep business matching antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara, khususnya di bidang perikanan, tambang (nikel), gas, dan sumber daya alam lainnya. Adapun rencana pembentukan KUB ini juga diharapkan dapat memperkuat ekosistem bisnis antara BUMD DKI Jakarta dengan Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini