Share

Kebakaran Permukiman Padat di Cikini, Warga Dibantu PPSU Bersihkan Sisa Puing

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 28 September 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 338 2676420 kebakaran-permukiman-padat-di-cikini-warga-dibantu-ppsu-bersihkan-sisa-puing-exv4tJdWbG.jpg Petugas PPSU bersihkan puing-puing kebakaran rumah di Menteng. (Foto: Carlos Roy)

JAKARTA - Sebagian besar warga dibantu petugas oranye PPSU kembali melakukan pembersihan sisa puing bangunan warga yang terbakar di Jalan Cikini Kramat, RW01, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (28/9/2022).

Pantauan di lokasi, sebagian warga yang masih bertahan di sekitar huniannya yang terbakar berusaha mencari barang-barang yang masih bisa digunakan.

"Lumayan pak untuk dijual ke tukang loak barang bekas, nanti uangnya untuk nambah-nambah bahan bangunan dan untuk kebutuhan sehari-hari," kata Dodo (48) salah satu pemilik kios, Rabu (28/9/2022) ketika ditemui di lokasi.

Warga mengangkut sisa-sisa barang yang masih bisa dijual atau digunakan kembali seperti seng, balok kayu yang masih utuh, maupun perabotan rumah tangga yang masih bisa atau layak dipakai.

Petugas PPSU tampak membawa sejumlah gerobak dorong dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk membantu membersihkan sisa puing-puing abu bangunan yang terbakar.

Sedangkan untuk rumah yang diduga sebagai asal sumber api masih dipasangi garis polisi dan belum dibersihkan oleh petugas gabungan.

 Baca juga: Polisi Akan Mintai Keterangan Saksi Mata dan Pemilik Rumah Terbakar di Kramat

Warga yang didominasi ibu dan anak-anak masih menempati tempat pengungsian di kantor balai warga.

Sedangkan untuk para suami atau laki-laki masih sibuk membereskan bangunan rumah mereka agar bisa segera diperbaiki dan layak untuk dihuni kembali. 

Sebagaimana diketahui, puluhan bangunan hunian dan kios di Jalan Cikini Kramat, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, terbakar pada Selasa (27/9) dini hari. 

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal menyebutkan kebakaran permukiman padat penduduk di Cikini berasal dari kompor produksi bubur ayam.

"Dugaan penyebab kebakaran adalah dari kompor pangkalan bubur ayam. Api berasal dari kompor gas lapak produksi bubur," ujar Asril Rizal, Selasa.

Ia menyebutkan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 4.35 WIB di Jalan Cikini Kramat RT04 dan RT 15/ RW01, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. 

Follow Berita Okezone di Google News

"Obyek yang terbakar adalah rumah semi permanen," ucapnya.

Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan dalam memadamkan kebakaran tersebut.

Ia menyebutkan taksiran kerugian akibat kebakaran tersebut kurang lebih Rp2,5 miliar.

"Ada 75 kepala keluarga yang terdampak dengan luas areal 2 ribu meter persegi," kata Asril.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini