Share

Polisi Klaim Pelaku Pungli ke Komika Soleh Solihun untuk Pribadi

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 28 September 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 338 2676763 polisi-klaim-pelaku-pungli-ke-komika-soleh-solihun-untuk-pribadi-fTr9nLpfzn.jpg Ilustrasi pungli (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komika Soleh Solihun menjadi korban praktik pungutan liar (pungli) di Samsat. Hal itu dialaminya saat melakukan perpanjangan STNK lima tahunan.

Pelaku yang melakukan pungli ternyata Petugas harian lepas (PHL) Samsat Jakarta Selatan, berinisial AS. Pelaku langsung diberhentikan. Kepada polisi, AS mengaku melakukan pungli atas keinginannya pribadi.

"Dia (AS) mengaku (meminta uang) untuk pribadi. Sebelumnya belum pernah, baru kemarin saja, mungkin karena ketemunya Bang Soleh kebetulan orang terkenal," ujar Kanit Samsat Jakarta Selatan, AKP Mulyono saat dikonfirmasi, Rabu (28/9/2022).

Pelaku yang melakuan pungli juga bukan seorang polisi. Dia hanya PHL. Menurut pengakuan AS, dirinya baru pertama kali melakukan pungli kepada masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku STNK lima tahunan. 

Kebetulan saja warga yang menjadi korban pungli merupakan seseorang yang terkenal. Padahal, semua petugas Samsat yang memberi pelayanan pembayaran pajak atau mengurus masa berlaku STNK sudah diberikan peringatan untuk tidak meminta biaya pada masyarakat.

"Sudah kami wanti-wanti dan sudah dituliskan tidak dipungut biaya. Selama ini kita pantau tidak ada (pungli), tapi pas hari kemarin saja," ujarnya.

Kasus dugaan pungli yang dialami Soleh Solihun, kata dia, telah diselesaikan pihaknya. Selain itu, pihaknya mengaku sudah bertemu dan berkomunikasi dengan Komika Soleh Solihun terkait peristiwa pungli tersebut.  

"Iya sesuai keterangan Bang Soleh Solihun itu, tapi sudah selesai. Kemarin sama bang Soleh Solihun ketemu," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini