Share

Catat! Polres Jakpus Gelar Operasi Zebra di Tiga Titik Ini

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 338 2679385 catat-polres-jakpus-gelar-operasi-zebra-di-tiga-titik-ini-HWhBB9ndHm.jpg Ilustrasi (Foto: MPI)

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat menggelar operasi Zebra di tiga titik utama di wilayah hukumnya. Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta menjelaskan, pihaknya akan menggelar operasi zebra di titik kemacetan.

"Untuk tempatnya, spot-spot kemacetan yang sudah direncanakan baik itu di Patung Tani, Senen, dan di gunung-gunung, Gunung Sahari dan sebagainya, terus di Senen arah Selatan, itu juga termasuk perlu penindakan," tutur Purwanta saat dihubungi, Senin (3/10/2022).

Lebih lanjut, Purwanta mengatakan bahwa Operasi Zebra 2022 berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya, kata Purwanta, Korps Bhayangkara tak mengedepankan pendekatan sanksi penindakan.

"Operasi zebra warnanya berbeda untuk tahun ini. Tidak harus dengan penindakan-penindakan yang sekiranya tilang dan sebagainya. Namun demikian cukup beri arahan saja, tidak melakukan kesalahan kembali," ucapnya.

Baca juga: Ingat! Besok Operasi Zebra Digelar Serentak di Seluruh Indonesia

Kendati demikian, Purwanta menegaskan pihaknya akan melalukan sanksi tilang kepada pengendara yang telah melanggar berat. "Ya umpanya ada pelanggaran, ya ditilang," tutur Purwanta.

Baca juga: Lusa, Operasi Zebra 2022 Digelar Terapkan Sistem ETLE

Sebagai informasi, Pollri akan menggelar Operasi Zebra 2022 serentak di seluruh Polda. Operasi Zebra bakal digelar pada 3-16 Oktober 2022. Operasi Zebra merupakan operasi yang rutin digelar kepolisian agar para pengendara tertib lalu lintas.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada operasi yang dimulai pada 3 Oktober nanti, proses penindakan tidak dilakukan dengan tilang manual. Namun, dengan menerapkan sistem elektronic traffic law enforcement (ETLE), aplikasi mobile ETLE, serta teguran simpatik.

Ditlantas Polda Metro Jaya mengerahkan 3.000 personel gabungan dalam operasi tersebut. Ribuan personel itu terdiri dari berbagai unsur instansi terkait guna pengamanan Operasi Zebra 2022 mendatang.

Ribuan personel gabungan itu bakal disebarkan ke sejumlah titik lokasi rawan yang berpotensi terjadinya pelanggaran serta menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini