Share

Prank KDRT, Polisi: Baim Wong Bisa Dijerat Pidana Laporan Palsu

Ari Sandita Murti, Sindonews · Senin 03 Oktober 2022 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 338 2679393 prank-kdrt-polisi-baim-wong-bisa-dijerat-pidana-laporan-palsu-ICJwtPUjJm.jpg Baim Wong dan Paula (Foto: Dok Instagram)

JAKARTA - Artis Baim Wong membuat konten prank lapor polisi atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bersama istrinya, Paula Verhoeven. Peristiwa tersebut menyedot perhatian masyarakat dan viral di media sosial.

Menurut Plt Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi, atas tindakan tersebut, Baim Wong bisa terkena pidana soal dugaan laporan palsu.

"Mengarah 220 soal laporan palsu. Pidana itu karena kan dia bohong, lain kalau betulan," ujar Plt Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi, Senin (3/10/2022).

BACA JUGA: Kasus KDRT Lesti Kejora, Rizky Billar Bakal Diperiksa Polisi Pekan Depan 

AKP Nurma menjelaskan, perbuatan Baim Wong bisa terancam pidana tentang dugaan laporan palsu sebagaimana dalam Pasal 220 KUHP. Meskipun perbuatan itu disebut Baim sebagai prank belaka, tapi laporan KDRT itu tidak untuk dibuat main-main.

Bunyi Pasal 220 KUHP tersebut yakni, barangsiapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan.

"Dia telah melakukan pemalsuan laporan, itu kan bohong walaupun bilangnya prank. Kan tidak bisa main-main, apalagi kejadiannya bohong," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini