Share

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada Pohon Tumbang hingga Longsor

Ari Sandita Murti, Sindonews · Senin 03 Oktober 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 338 2679681 antisipasi-cuaca-ekstrem-masyarakat-diimbau-waspada-pohon-tumbang-hingga-longsor-f0cPn826MK.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang mungkin terjadi selama sepekan ke depan. Khususnya terkait potensi bencana, seperti banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang.

"Masyarakat dimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan lainnya," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji pada wartawan, Senin (3/10/2022).

Imbauan itu disampaikan mengingat BMKG telah menyampaikan adanya indikasi tentang potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan periode 2-8 Oktober 2022 mendatang. BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di kawasan DKI Jakarta pada tanggal tersebut.

"BPBD melayani kedaruratan lewat 112 itu 24 jam silahkan warga mengadukan berbagai hal tentang kebencanaan," tuturnya.

 BACA JUGA:BNPB: 48 Kali Bencana Terjadi Sepekan Terakhir, 100% Hidrometeorologi

BPBD DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta untuk menghubungi layanan kedaruratan manakala menemukan kondisi darurat terkait kebencanaan melalui Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman.

Adapun berdasarkan laporan BMKG, saat ini terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas. Selain itu, aktifnya fenomena Madden Jullian

Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin sehingga dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini