Share

Uji Coba Rekayasa Lalin Jalan Cipete Raya dan Fatmawati, Kadishub: Lebih Lancar saat Jam Sibuk

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 04 Oktober 2022 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 338 2680137 uji-coba-rekayasa-lalin-jalan-cipete-raya-dan-fatmawati-kadishub-lebih-lancar-saat-jam-sibuk-Gx5RPUJzd1.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dishub DKI Jakarta melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Cipete Raya dan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan bahwa hasil uji lalin tersebut menyimpulkan bahwa lalu lintas di Jalan Cipete Raya dan Fatmawati lebih lancar saat jam sibuk pagi dan sore hari.

"Untuk saat ini memang pada saat peak (time), apakah itu pagi atau sore untuk satu kawasan ada anak sekolahnya itu dengan pengaturan sekarang (rekayasa lalin) lebih smooth traffic-nya," kata Syafrin kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Senin (3/10/2022).

Syafrin menambahkan bahwa memang sempat terjadi kepadatan saat baru dimulai uji coba. Namun, ia memastikan akan melakukan evaluasi berkala setiap minggu.

Baca juga: Ada Uji Coba Rekayasa Lalin di Cipete, Titik Kemacetan Beralih

"Memang di hari Jumat pertama, kami pantau di Jalan Fatmawati Raya itu terjadi sedikit kepadatan. Tapi jika kita lihat kepadatan itu lebih kepada pengemudi yang menanyakan kondisinya sehingga mereka memperlambat, bertanya kepada petugas," ucapnya.

Baca juga: Dishub DKI Berlakukan Uji Coba Rekayasa Lalin Cipete Raya-Fatmawati Jaksel, Begini Detailnya

"Setelah itu situasinya mulai normal dan tentu ini akan kami lakukan evaluasi, karena uji cobanya ini kami lakukan dua minggu ke depan dan kemudian kami akan lakukan evaluasi mingguan," tambahnya.

Lebih lanjut, Syafrin mengimbau masyarakat mematuhi rambu yang ada dan mengikuti arahan petugas di lapangan selama dua pekan.

"Memang ada masyarakat yang terdampak itu kami imbau untuk mengikuti, karena tujuannya itu untuk tidak terhambat di tengah kepadatan lalu lintas," tuturnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas sekitar Jalan Cipete Raya dan Fatmawati, Jakarta Selatan selama dua pekan dimulai hari ini, Jumat 30 September 2022.

Hal itu menindaklanjuti inspeksi mendadak (Sidak) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencari tahu biang kerok kemacetan simpang Fatmawati pada Kamis 22 September 2022 malam.

"Adanya kemacetan lalu lintas pada jam tertentu khususnya jam sibuk pagi dan sore hari yang mengakibatkan antrian dan tundaan lalu lintas yang signifikan di ruas jalan Fatmawati-Cipete Raya," ujar Syafrin.

Dalam rangka mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas di Kawasan Cipete dilakukan uji coba rekayasa lalu lintas sebagai berikut;

*Simpang Jalan Cipete Raya-Fatmawati*

- Lalu lintas dari arah timur (Jalan Cipete Raya menuju utara (Jalan Fatmawati) dialihkan belok kiri ke Jalan Fatmawati putar balik di depan Pizza Hut.

- Lalu lintas dari arah selatan (Jalan TB Simatupang) menuju timur (Jalan Cipete Raya) diarahkan menerus ke Jalan Fatmawati putar balik di depan SPBU atau di depan Al-Barkat karpet.

"Uji coba dilaksanakan dua minggu mulai 30 September sampai 13 Oktober 2022," ujar Syafrin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini