Share

Operasi Zebra Tidak Ada Sanksi Tilang Langsung, Semua Penindakan Lewat ETLE

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Selasa 04 Oktober 2022 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 338 2680232 operasi-zebra-tidak-ada-sanksi-tilang-langsung-semua-penindakan-lewat-etle-QNtSQfvIir.jpg Ilustrasi. (Foto: Ant)

JAKARTA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jakarta Selatan menegaskan tidak akan melakukan penindakan dalam Operasi Zebra 2022.

Artinya, tidak akan ada penilangan dalam operasi ini. Penindakan akan dilakukan dengan sistem elektronic traffic law enforcement (ETLE).

"Penindakan di Jakarta Selatan tidak ada, penindakan berkaitan dengan masalah pelanggaran yang langsung," kata Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan Kompol Edi Suprianto saat dihubungi Selasa (4/10/2022).

"Kecuali dilakukan dalam kondisi memang melakukan pelanggaran. Semua penindakan melalui ETLE," sambung dia. 

Petugas Satlantas Polres Jaksel, kata dia, akan melakukan sosialisasi berupa membagikan brosur. Hanya saja, ia tak merinci waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Kita nanti di masing-masing perempatan kita sosialisasi, kasih selembaran. (Lokasi kegiatan) ya tiap hari berubah-ubah," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Operasi Zebra 2022 serentak digelar pada 3-16 Oktober 2022. Operasi Zebra merupakan operasi yang rutin digelar kepolisian agar para pengendara tertib lalu lintas.

Dalam operasi dimulai pada hari ini, proses penindakan tidak dilakukan dengan tilang manual. Namun, dengan menerapkan sistem ETLE, aplikasi mobile ETLE, serta teguran simpatik.

Ditlantas Polda Metro Jaya mengerahkan 3.000 personel gabungan dalam operasi tersebut. Ribuan personel itu terdiri dari berbagai unsur instansi terkait guna pengamanan Operasi Zebra 2022 mendatang.

Ribuan personel gabungan itu bakal disebarkan ke sejumlah titik lokasi rawan yang berpotensi terjadinya pelanggaran serta menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini