Share

Jelang Perayaan HUT K-77 TNI, Arus Lalin di Kawasan Istana Merdeka Dialihkan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 05:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 338 2680807 jelang-perayaan-hut-k-77-tni-arus-lalin-di-kawasan-istana-merdeka-dialihkan-CxlCnSPneC.jpeg Rekayasa lalu lintas saat HUT Ke-77 TNI. (Twitter/@TMCPoldaMetro)

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menerapkan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Istana Merdeka menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Rabu (5/10/2022).

Parade perayaan HUT TNI rencananya digelar di sekitaran Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Pihak kepolisian mulai memberlakukan pengalihan arus lalin sejak pukul 04.00 hingga 11.00 WIB di kawasan Istana Merdeka dan Monas.

"Sehubungan dengan perayaan HUT TNI ke-77, diimbau bagi masyarakat untuk menghindari kawasan sekitaran Monas dan Istana Negara esok Hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022 mulai dari pukul 04.00 WIB s/d 11.00 WIB," demikian pemberitahuan dari pihak kepolisian mengutip akun resmi Twitter @TMCPoldaMetro.

Terdapat sejumlah titik jalan di kawasan Monas dan Istana Merdeka yang dialihkan. Berdasarkan gambar yang ditampilkan TMC Polda Metro, ada 11 titik yang dilakukan rekayasa pengalihan arus lalin. Berikut 11 rekayasa pengalihan arus lalin pagi ini :

1. Arus lalu lintas dari arah Jl Hayam Wuruk menuju Jl Majapahit/Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Juanda atau ke Jl Suryopranoto;

2. Arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya menuju Jl Veteran III diluruskan ke Jl Harmoni;

3. Arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya menuju Jl Veteran II diluruskan ke Jl Harmoni;

4. Arus lalu lintas dari Jl Medan Merdeka timur menuju Jl Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira;

5. Arus lalu lintas dari Jl Kebon Sirih menuju Jembatan Serong dialihkan ke kiri ke Jl MH Thamrin arah Bundaran HI;

6. Arus lalu lintas dari Jl KH Wahid Hasyim menuju Blok O dialihkan ke kiri ke Jl MH Thamrin arah Bundaran HI;

7. Arus lalu lintas dari Jl Wahid Hasyim menuju Tugu Tani dialihkan ke kiri Jl MH Thamrin arah Bundaran Patung Kuda;

8. Arus lalu lintas dari Jl Kebon Sirih menuju Tugu tani dialihkan ke kiri Jl MH Thamrin arah Bundaran Patung Kuda;

9. Arus lalu lintas dari Jl Budi Kemuliaan menuju Jl Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jl Medan Merdeka Barat;

10. Arus lalu lintas di Jl Abdul Muis menuju ke Jl Majapahit dialihkan ke Jl Tanah Abang;

11. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis menuju ke Jl Museum ditutup.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagaimana diketahui, upacara peringatan HUT ke-77 TNI bakal digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, hari ini. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, bersama segenap jajaran TNI dan kepolisian mengaku terus mematangkan berbagai persiapan terkait acara tersebut.

"Kami dengan Pak Kasum (Kepala Staf Umum TNI) dan jajarannya, dan tentunya perwakilan dari rekan-rekan kepolisian dari Polda Metro Jaya bergabung untuk pertama, kesiapan-kesiapan untuk HUT TNI ke-77 sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu. Hari ini kami mengecek kembali kesiapan terakhir,” ujar Heru di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 30 September 2022, mengutip presidenri.go.ri.

Heru menjelaskan, peringatan HUT ke-77 TNI ini akan dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut akan dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

β€œPerlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa di tanggal 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana, dilanjutkan dengan defile sampai Bundaran HI. Di sana nanti disajikan parkir dan lain-lain untuk alutsista yang sudah dipilih oleh Pak Kasum (Kepala Staf Umum TNI),” jelasnya.

Untuk kelancaran acara tersebut, kata Heru, pihak kepolisian melalui Polda Metro Jaya nantinya akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Menurutnya, masyarakat akan tetap bisa beraktivitas sebagaimana biasanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini