Share

Anies Klaim Surutnya Banjir di Jakarta karena Adanya Sumur Resapan

Bachtiar Rojab, MNC Media · Rabu 05 Oktober 2022 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 338 2681039 anies-klaim-surutnya-banjir-di-jakarta-karena-adanya-sumur-resapan-8udsKBtLHn.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: dok MPI)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan turut menanggapi surutnya banjir di beberapa titik di Jakarta adalah bagian dari kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Yakni, akibat adanya sumur resapan yang telah dibangun di beberapa wilayah.

Anies mengatakan, terjadinya genangan dan banjir berasal dari daerah cekungan yang ada di Jakarta, sehingga air hujan menjadi sulit mengalir. Maka dari itu, kata Anies, sumur resapan menjadi salah satu solusi di daerah tersebut.

"Di kawasan cekung itulah kita perlu solusi sumur resapan. Terbukti di daerah yang sumur resapannya sudah terbangun dengan baik, walaupun cekung, terjadi genangan air yang tinggi, tetapi kecepatan surutnya menjadi sangat tinggi," ujar Anies di Jakarta Recycle Center, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

 BACA JUGA:Banjir Pela Mampang Surut, Petugas Damkar Dikerahkan Bersihkan Lumpur di Jalan

Selain itu, kata Anies, penanganan yang dilakukan Pemprov DKI saat banjir melanda ialah penyedotan air melalui pompa. Termasuk, dengan melibatkan instansi terkait.

"Tim DKI mengirimkan alat-alat mulai dari truk Damkar sampai pompa mobile ke lokasi-lokasi yang cekung sebelum hujan. Mendung, alat-alat itu sudah berada di lokasi yang terduga akan mengalami genangan sampai banjir," terangnya.

"Karena tempat-tempat yang cekungan seperti inilah yang paling potensi. Di situlah yang harus dipompa," sambungnya.

 BACA JUGA: Jakarta Kembali Banjir, Ini Tanggapan Anies Baswedan

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat masih ada tiga RT yang mengalami banjir dengan ketinggian yang bervariasi hingga Rabu (5/10/2022) pukul 07.00 WIB. Sebelumnya, hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya menyebabkan sejumlah wilayah tergenang pada Selasa 4 Oktober 2022.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di sembilan RT, saat ini menjadi tiga RT atau hanya 0,010 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini