Share

Anies Hibahkan 15 Unit Mobil Damkar Bekas ke Sejumlah Kabupaten Kota

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 05 Oktober 2022 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 338 2681253 anies-hibahkan-15-unit-mobil-damkar-bekas-ke-sejumlah-kabupaten-kota-TfHZ9Vp06g.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: dok MPI)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghibahkan belasan unit mobil pemadam kebakaran berbagai jenis ke sejumlah Kabupaten Kota di Indonesia. Adapun seremonial penyerahan kunci unit damkar di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022) siang.

"Pada siang hari ini niat yang sudah lama diungkap, keinginan yang sudah lama dibahas tentang kerja sama tentang hibah akhirnya hari ini tertunaikan. Ada dua penandatanganan kerjasama dan juga penyerahan hibah mobil truk pemadam kebakaran (ke sejumlah Kabupaten/Kota)," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

Adapun empat belas Kabupaten/Kota yang menerima hibah mobil Damkar diantaranya Kota Probolinggo, Kota Banjarmasin, Kota Pariaman, Kota Palopo, Kabupaten Brebes, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Alor, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Sigi, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Lampung Utara, dan Kabupaten Padang Pariaman. Penyerahan simbolis diterima langsung Walikota dan Bupati masing-masing daerah.

 BACA JUGA: Anies Klaim Surutnya Banjir di Jakarta karena Adanya Sumur Resapan

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menambahkan terdapat 15 unit Damkar yang dihibahkan. Ia menyebut satu wilayah Kabupaten Kuningan mendapatkan dua unit Damkar sekaligus.

"Karena mobilnya ada 15 nih gak bisa semuanya. Kelayakan prioritas yang mana itu yang tadi kita saksikan bersama bupati dan walikota yang mendapatkan. Ada satu daerah (Kabupaten Kuningan) yang dua (unit) karena dia cuma ada dua unit pompa dengan 1 Kabupaten/Kota. Dengan kondisi kepadatan dan bangunan yang cukup berisiko," ucap Satriadi.

 BACA JUGA:Anies Berharap Revitalisasi Pelabuhan Penumpang Muara Angke Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Satriadi membeberkan sebenarnya ada 58 daerha mengajukan permohonan hibah tersebut. Namun, berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 19 Tahun 2016 terdapat standar kelayakan unit yang dapat dihibahkan.

"Semuanya itu ada 58 yang memohon, tapi kita melihat tadi apa namanya inventarisasi barang kita yang mana sudah memenuhi persyaratan untuk bisa dihibahkan yang menentukan nanti badan aset dan timnya. Kemudian sama Biro Kerja Sama Daerah menghitung mana saja unit yang layak untuk dihibahkan sesuai Kep Mendagri Nomor 19 Tahun 2016 kalau itu sudah layak baru kita lakukan. Nanti kelayakan siapa yang dapat pun ada timnya lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, Satriadi menyebut usia unit mobil Damkar yang dihibahkan bervariatif mulai dari 2001 hingga 2010. Namun, Ia memastikan 15 unit yang dihibahkan layak beroperasi.

"Varitif sih (usia mobil) dari 2001 ada 2005,2006,2007 sampe 2010 paling. Lebih makanya, tapi masih layak kan lihat kondisi, lihat kondisi kerusakannya kan. Karena kan kita gak bisa mengukur menyamakan semua karena kan banyak sering dioperasikan nah itu kan beda dengan yang jarang diberangkatin kondisi mobilnya kan pasti beda," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini