Share

Komnas HAM Sebut Gas Air Mata Jadi Pemicu Kericuhan di Kanjuruhan

Rizky Syahrial, MNC Media · Rabu 05 Oktober 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 338 2681310 komnas-ham-sebut-gas-air-mata-jadi-pemicu-kericuhan-di-kanjuruhan-F5WwtDcjMZ.jpg Tragedi di Stadion Kanjuruhan/Foto: Tangkapan Layar

JAKARTA - Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Choirul Anam menjelaskan, salah satu faktor kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, berasal dari gas air mata.

"Apalagi kericuhan itu, banyak pihak yang memberikan keterangan kepada kami itu akibat gas air mata. Gas air mata lah yang membuat panik dan sebagainya," ujar Anam dalam video pemaparan Rabu (5/10/2022).

 BACA JUGA: Mahfud MD Sebut TGIPF Kanjuruhan Mulai Turun ke Lapangan

Selain itu, Anam menjelaskan ada beberapa penyebab banyaknya jatuh korban saat tragedi tersebut, termasuk pintu terbuka yang sempit, serta pintu yang tertutup.

"Ada terkonsentrasi di sana di beberapa titik pintu. Ada pintu yang terbuka sempit. Terus ada pintu yang tertutup. Itulah yang membuat banyak jatuh korban," jelasnya.

 BACA JUGA:Prabowo Tegaskan Komitmen Negara untuk Kesejahteraan Prajurit, Meski Krisis Dunia Melanda

Menurutnya, Komnas HAM sedang mendalami perencanaan pengamanan saat kejadian. Anam menjelaskan, perencanaan pengamanan tersebut adalah faktor yang sangat penting.

"Dalam konteks ini yang paling penting juga, kami juga sedang dalam proses mendalami bagaimana perencanaan pengamannya. Perencanaan pengamanan ini bagi kami sangat penting. Kalau ada pertanyaan, kenapa si gas air mata masuk dalam stadion padahal itu melanggar FIFA," papar Anam.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam mendapatkan segelintir bukti terkait kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pada (1/10/2022) silam.

Anam menjelaskan, para suporter yang menerobos masuk lapangan, berniat hanyanuntuk memberikan semangat dan berkomunikasi kepada para pemain Arema.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini