Share

Anies Soft Launching Jalur Sepeda Baru dan Pedestrian di Jakpus

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 12 Oktober 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 12 338 2685570 anies-soft-launching-jalur-sepeda-baru-dan-pedestrian-di-jakpus-ITCF0iGOIS.jpeg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda/ Foto: Pemprov DKI

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan soft launching jalur sepeda baru dan pedestrian di kawasan Taman Semanggi, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022) pagi. Adapun peresmian ini dilakukan secara simbolis melalui penandatangan prasasti oleh Gubernur Anies.

Anies menjelaskan saat ini di kawasan Semanggi bisa menghadirkan pengalaman, karena tidak hanya bisa dilewati, tapi juga dinikmati pejalan kaki. Bahkan, pengguna sepeda bisa beraktivitas di sekitar Jalan Jenderal Sudirman sembari menyambung perjalanan ke kawasan lain di Jakarta.

 BACA JUGA:Diperiksa Dokter Singapura, Lukas Enembe Idap Diabetes hingga Gangguan Gerak dan Bicara

Anies menyebut, hal ini menjadi sebuah pesan kepada warga Jakarta, ketika membangun fasilitas mobilitas itu harus lengkap dengan fasilitas pejalan kaki, pesepeda, kendaraan umum, dan kendaraan pribadi.

"Alhamdulillah, kawasan ini sudah menjadi lengkap. Selain itu, tempat ini hijau, nyaman, dan unik, karena di pusatnya Jakarta. Lalu, di sini adalah tempat di mana banyak gedung pencakar langit. Tidak ada jalan lain di Indonesia yang selebar dan memiliki gedung pencakar langit sebanyak Jalan Jenderal Sudirman," kata Anies.

 BACA JUGA:Hadiri 20 Tahun Peringatan Bom Bali, Yenny Wahid: Muliakan Tuhan dengan Melindungi Makhluknya

"Kami ingin perjalanan menjadi pengalaman, sehingga memberikan kesan, dan merangsang interaksi antarwarga secara langsung di tempat ini. Kenapa kita mau swafoto di sini? Karena, kita merasa ingin berbagi apa yang kita lihat kepada orang lain. Karena itu, kita foto, kita share. Kita ingin orang lain merasakan apa yang kita rasakan. Kenapa kita melakukan itu? Karena, ada pengalaman baru," imbuhnya.

Anies mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta sejauh ini telah menuntaskan pembangunan jalur trotoar di Jalan Jenderal Sudirman serta jalur sepeda. Adapun rinciannya adalah lebih dari 240 kilometer jalur trotoar, serta lebih dari 100 kilometer jalur sepeda di seluruh Jakarta.

"Jadi (pembangunan trotoar dan jalur sepeda) bukan hanya di kawasan pusat Jakarta saja, tapi di berbagai wilayah. Kawasan Semanggi ini menjadi unik, karena ada sebuah taman yang hijau, rindang, dan teduh. Di sisi lain, selama berdekade-dekade konsepnya adalah hanya untuk dilewati kendaraan bermotor, berdekade-dekade bagi pejalan kaki dari sudut ke sudut lain itu tidak bisa lalu lalang dengan leluasa, begitu juga dengan pengemudi pengendara sepeda, ini yang kemudian kita bangun trotoarnya. Sehingga, Jalan Jendral Sudirman bukan saja untuk kendaraan bermotor," ujar Anies.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai informasi, pembangunan dan penataan kawasan Semanggi berupa penyediaan bike lane dan pedestrian path ditujukan untuk;

1. Menyediakan jalur sepeda yang aman dan nyaman untuk melintasi persimpangan Semanggi.

2. Menciptakan keterlibatan antara pejalan kaki dan pesepeda dengan area hijau Semanggi, terutama selama hari libur/ akhir pekan.

3. Menciptakan akses/permeabilitas yang lebih baik terhadap berbagai fasilitas di sekitar Semanggi.

4. Mempertahankan area Semanggi sebagai bagian kawasan cagar budaya, baik dari aspek arsitektur, infrastruktur jalan maupun tamannya.

Realisasi pekerjaan pembangunan dan penataan kawasan Semanggi per tanggal 2 Oktober 2022 adalah sebesar 57,50 persen dengan rincian pekerjaan yang sedang dilaksanakan sebagai berikut:

1. Pekerjaan bike lane, yang terdiri dari street table di bawah Jembatan Semanggi.

2. Pekerjaan toilet, yang terdiri dari pekerjaan struktur, tiang pancang, pile cap, dan sloof.

3. Pekerjaan terowongan sepeda, yang terdiri dari box precast, galian tanah, lantai, dan dinding tunnel.

4. Pekerjaan pemindahan amenities.

5. Pekerjaan jembatan titian, yang terdiri dari pekerjaan struktur bawah dan tiang pancang.

Adapun rencana realisasi kumulatif yang dicapai pada tanggal 10 Oktober 2022 adalah sebesar 73,37 persen dari seluruh rencana pekerjaan yang akan dilakukan. Sementara, untuk penyelesaian 100 persen akan ditargetkan selesai pada 30 Oktober 2022.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini