Share

Investigasi Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Cibubur, Klakson Telolet Bikin Rem Blong

Irfan Maulana, MNC Portal · Selasa 18 Oktober 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 338 2689453 investigasi-kecelakaan-maut-truk-pertamina-di-cibubur-klakson-telolet-bikin-rem-blong-E7FbytNdIq.jpg Senior Investigator Ahmad Wildan (Foto: Irfan Maulana)

JAKARTA - Klakson telolet turut memicu kecelakaan truk Pertamina di Jalan Transyogi Cibubur, Bekasi, Jawa Barat pada Senin 18 Juli 2022 lalu. Hal itu diketahui dari temuan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

Klakson tambahan itu membuat kinerja rem menurun. KNKT pun meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melarang penggunaan klason tambahan pada truk.

"Kita merekomendasikan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk sementara waktu agar melarang semua penggunaan klakson tambahan yang instalasinya mengambil sumber daya tenaga pneumatic dari tabung udara sistem rem," ujar Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan dalam konferensi pers kasus tersebut di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, (18/10/2022).

"Sambil merumuskan kebijakan teknis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan klakson pada kendaraan besar di Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri," imbuhnya.

Wildan menambahkan, truk mengalami kegagalan pengereman dikarenakan persediaan udara tekan di tabung yang berada di bawah ambang batas. Sehingga tidak cukup kuat untuk melakukan pengereman.

Penurunan udara tekan dipicu oleh dua hal, pertama adanya kebocoran pada solenoid valve klakson tambahan dan kedua adalah travel stroke kampas rem. Penggunaan klakson tambahan itu memicu keborosan pada angin pengereman.

Wildan meminta Kemenhub melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap ketentuan tersebut. Baik melalui pengujian kendaraan bermotor maupun pembinaan kepada asosiasi transportir kendaraan barang dan penumpang.

Kecelakaan maut truk Pertamini menewaskan 10 orang, 5 orang luka berat dan 1 orang luka ringan. Sebab, rem blong yang dikarenakan salah satunya penggunaan klason tambahan.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini