Share

Begini Penampakan Jakarta Islamic Center Usai Kebakaran

Yohannes Tobing, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 338 2708783 begini-penampakan-jakarta-islamic-center-usai-kebakaran-P9Ri5mVay2.jpg Penampakan Masjid Jakarta Islamic Center usai kebakaran (Foto : MPI)

JAKARTA - Hampir sebulan yang lalu, Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara dilanda kebakaran pada Rabu 19 Oktober 2022. Akibat kebakaran hebat tersebut kubah besar yang menjadi ikonik mesjid tersebut hancur berantakan.

Pengelola Masjid JIC memberikan waktu kepada wartawan MPI untuk melihat langsung kondisi terkini didalam masjid yang hancur berantakan setelah di lahap si jago merah.

Berdasarkan pantauan wartawan di dalam lokasi kebakaran, tampak material dan puing kubah yang ambruk masih berserakan di dalam. Sejumlah besi yang menopang kubah terlihat sudah berkarat di tengah pelataran.

Disisi lain, baik lantai maupun tembok mesjid yang terbuat dari marmer maupun granit juga terpantau hancur menjadi sebuah puing. Tidak ada lambang atau bangunan yang tersisa dalam kebakaran ini.

Kepala Pusat Pengkajian Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Center/ JIC) KH Muhammad Subki mengatakan bahwa usai terbakar hebat kondisi masjid semakin memprihatinkan.

"Setelah peristiwa musibah kebakaran beberapa waktu yang lalu jadi memang semua atap itu runtuh dan turun ke bawah ini adalah bagian dari musibah yang menjadi ujian buat kita," kata Subkhi saat di temui di lokasi.

Menurut Subkhi, dari peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan 100 persen bangunan masjid mengatakan kerusakan berat. Sehingga dengan kondisi tersebut masjid utama tidak bisa dipakai dan harus dilakukan renovasi total.

"Atapnya itu seratus persen ya, atapnya dan ini memiliki efek samping kiri kanan depan belakang ya. Kelihatan lantainya juga ini rusak, tembok-temboknya juga ada sebagian besar kebakar jadi kemungkinan besar ini harus dibangun dari awal ya kalau pengen aman gitu," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun setelah kebakaran ini, Subkhi memastikan acara keagamaan ataupun ibadah masih tetap berjalan dan dialihkan ke tempat lainnya atau masih berada di lingkungan JIC.

"Untuk kegiatan kita dialihkan ke konvensional hall. Ada ruangan besar juga bisa menampung sekitar dua ribu jemaah dan itu menjadi alternatif pilihan kita untuk kegiatan," katanya.

"Dari awal kejadian alhamdulillah langsung semua kegiatan tetap bisa diatasi, bisa dialihkan ke tempat yang lain. Karena kita punya ada tiga blok, ada gedung sosial budaya, ada masjid ini dan ada convention," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini