Share

Ngeri! Petugas Damkar Evakuasi Ular Sanca Kembang Sepanjang 4 Meter

Ade Suhardi, MNC Portal · Jum'at 18 November 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 338 2710193 negeri-petugas-damkar-evakuasi-ular-sanca-kembang-sepanjang-4-meter-jua0DpxWpZ.jpg Petugas damkar mengevakuasi ular sanca kembang sepanjang 4 meter (Foto : Istimewa)

BEKASI - Kemunculan seekor ular jenis sanca kembang mengejutkan warga di Perumahan Villa Mutiara 2, RT 19 RW 08, Desa Sukasejati, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis 17 November 2022, malam.

Warga yang mengetahui kemunculan ular Sanca Kembang dengan panjang 4 meter dan berat 25 kilogram itu pertama kali terlihat sejak beberapa hari terakhir di selokan air permukiman warga.

Lantaran khawatir membahayakan anak-anak dan warga disekitar perumahan tersebut, warga melaporkan ke tim Rescue Damkar Kabupaten Bekasi.

"Dari Minggu kemarin itu pertama kelihatan di saluran got, karena warga gak ada yang berani tangkap, itu ularnya sembunyi lagi, akhirnya kita laporin ke Pemadam kebakaran biar dipindahin,"ujar Ari (35) warga Perum Villa Mutiara 2, jumat (18/11/2022).

Tim Rescue Damkar Kabupaten Bekasi yang tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi proses penangkapan ular tersebut di lokasi, dengan cara menyisir sepanjang saluran selokan air guna mencari titik persembunyian ular.

Hasto Adi anggota Rescue Damkar Mako Cikarang Barat menuturkan, upaya evakuasi sempat mengalami kendala, sebab ular yang sudah bersembunyi jauh dari titik awal terlihat warga. Banyaknya sampah juga penyebab ular tidak terlihat lantaran tertutup tumpukan sampah.

"Kesulitannya ular sudah agak jauh pergi dari titik awal penemuan warga, jadi pencarian kurang lebih 30 menit, serta banyaknya tumpukan sampah yang membuat ular agak susah dilihatnya," kata Hasto saat dihubungi.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

Petugas dibuat kerepotan pada saat proses pencarian, dan membutuhkan waktu 1 jam untuk penangkapan. Namun, petugas berhasil menangkap ular Sanca Kembang itu dan langsung dibawa ke Mako Damkar Cikarang Barat dan akan diserahkan kepada komunitas pecinta hewan agar mendapatkan perawatan, dilepas liar kembali kehabitatnya.

"Beruntung kemunculan ular ini belum sempat memakan korban, baik orangnya atau hewan peliharaan warga di sini, iya langsung kita evakuasi ke Mako untuk saat ini," tutup Hasto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini