Share

Waspada! 9 Wilayah di Pesisir Jakarta Berpotensi Diterjang Rob 22-28 November

Yohannes Tobing, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 338 2712938 waspada-9-wilayah-di-pesisir-jakarta-berpotensi-diterjang-rob-22-28-november-FOB6Fkfzuf.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis sembilan wilayah pesisir DKI Jakarta berpotensi terkena banjir rob yang diperkirakan terjadi pada 22 November sampai 28 November 2022.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Moh. Insaf mengungkapkan, banjir pesisir disebabkan adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan baru. 

Kedua faktor tersebut  memengaruhi dinamika pesisir di wilayah utara Jakarta berupa peningkatan ketinggian pasang air laut di sembilan wilayah pesisir Jakarta Utara dan Jakarta Barat. 

"Wilayah pesisir yang berpotensi terdampak banjir rob meliputi Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru," kata Insaf pada Rabu (23/11/2022). 

Insaf menuturkan, peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum terjadi pada pukul 9.00-13.00 WIB. Hal ini tentunya  dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

 Baca juga: Banjir Terjang Aceh Singkil, 14.984 Warga Terdampak

"BPBD terus memantau segala prediksi potensi bencana banjir yang dikeluarkan BMKG dan memonitor ketinggian muka air yang dikeluarkan oleh Dinas Sumber Daya Air untuk disampaikan melalui media sosial," kata Insaf. 

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat menyiapkan langkah antisipasi, di antaranya memantau peringatan dini gelombang pasang melalui kanal-kanal media sosial BPBD.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut dapat mewaspadai lebih awal akan adanya potensi bencana," Imbau Insaf. 

Masyarakat juga bisa melaporkan bila terjadi potensi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI atau dalam keadaan darurat bisa menghubungi call center Jakarta Siaga di nomor 112.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini