Share

5 Fakta Viral Ikan Menggelapar ke Daratan, Ini Penyebabnya

Tim Okezone, Okezone · Senin 05 Desember 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 338 2720450 5-fakta-viral-ikan-menggelapar-ke-daratan-ini-penyebabnya-M8ybMxsrkS.jpeg Ikan menggelepar naik ke daratan. (Foto: Tangkapan layar video viral)

JAKARTA - Masyarakat dihebohkan dengan video viral menampilkan ribuan ikan berukuran menggelepar naik ke daratan salah satu pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Berdasarkan video yang berdurasi 30 detik ini dikabarkan terjadi di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Berikut sejumlah fakta ikan menggelepar ke daratan di Pulau Seribu:

1. Viral di Medsos

Dari video viral terlihat ikan-ikan melompat dari lautan dan memenuhi dermaga. Warga yang merekam video tersebut mengarahkan kameranya ke arah dermaga yang sudah dipenuhi ikan-ikan.

"Waduh, panen, panen, panen!," kata si perekam video seperti dikutip pada Rabu (30/11/2022).

Perekam video lantas berjalan menyusuri dermaga di Pulau Onrust tersebut dan menampilkan hal serupa.

Ā Baca juga:Ā Viral Juru Parkir di Cibubur Diserang Tawon, Berawal Usir Monyet

Ribuan ikan tersebut terus melompat dari permukaan air ke daratan. Alhasil, ikan-ikan itu terkapar di sepanjang dermaga.

"Ada fenomena alam. Sekelilingnya penuh, sekelilingnya penuh, penuh sekeliling pulau," kata perekam video.

2. Bukan Tanda Gempa Bumi

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo angkat bicara terkait fenomena ini.

Fenomena tersebut, kata dia, bukan merupakan tanda terjadinya gempa bumi. Karena itu, ia meminta masyarkat sekitar pesisir untuk tidak panik.

"Sekali lagi masyarakat tidak perlu panik. ini bukan karena adanya gempa," kata Eko saat dikonfirmasiĀ MNC Portal, Rabu (30/11/2022).

3. Penyebab Terungkap

Ā Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) KabupatenĀ Kepulauan SeribuĀ melakukan penelitian terkait fenomena banyaknya ikan yang terdampar di daratan Pulau Seribu dan pesisir Jakarta Utara

Kasudin KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu Devi Lidya mengatakan, pihaknya melakukan penelitian ini dengan dugaan ratusan hingga ribuanĀ ikanĀ muncul karena memakan plankton beracun.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Sebabkan Ikan Mabuk

Devi Lidya melanjutkan, plankton tersebut membuat ikan menjadi mabuk.

"Kami lakukan uji ikan apakah plankton ini sempat dimakan ikan, yang mengakibatkan ikan menjadi mabuk. Nah itu yang kami uji," ucap Devi.

Dia menduga, ikan-ikan kecil yang lompat ke daratan beberapa hari lalu dipicu adanya plankton dari dasar laut.

Keberadaan plankton tersebut, lanjut dia, membuat air laut menjadi keruh dan mengakibatkan ikan menjadi mabuk.

"Kan plankton ada plankton beracun dan tidak beracun. Nah kalau plankton beracun bisa dikasih indikasi ikannya enggak bagus dimakan," ucap Devi.

5. Hasil Peneliatian Sampel Air

Tim KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu juga meneliti sampel air laut di Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Hasil penelitian, standar baku mutu air di perairan itu rupanya berada di atas ambang batas.

Hal inilah yang diduga kuat menjadi penyebab utama ribuan ikan kecil berloncatan keluar air hingga terdampar di daratan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini