Share

Apresiasi Vonis Pemerkosa Anak di Jakut, Ini Penjelasan RPA Perindo

Nur Khabibi, MNC Portal · Rabu 29 Maret 2023 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 29 338 2789551 apresiasi-vonis-pemerkosa-anak-di-jakut-ini-penjelasan-rpa-perindo-GVrxI22YQ0.jpg RPA Perindo apresiasi vonis kepada pemerkosa anak di Jakut (Foto: MPI)

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara membacakan putusan hukuman terhadap SCB alias B terdakwa kasus pemerkosaan anak yang menimpa SAJ (13) dengan sembilan tahun kurungan badan.

Selain kurungan badan, terdakwa juga dikenai hukuman denda Rp1 miliar serta biaya ganti rugi atau restitusi sebesar Rp27,56 juta.

Ketua Bidang Hukum DPP Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Amriyadi Pasaribu mengapresiasi putusan majelis hakim tersebut.

Ia menyebutkan bahwa dari denda dan ganti rugi masing-masing memiliki subsider kurungan badan selama enam bulan dan satu tahun.

Jika terdakwa tidak mampu membayarkan jumlah uang yang ditentukan tersebut, maka total hukuman yang diberikan kepada terdakwa selama 10,5 tahun penjara.

"Kita jumlahkan semuanya dengan ancaman sanksi hukum yang dibuat oleh Majelis Hakim hari ini yaitu putusan sembilan tahun ditambah Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan, kemudian ditambahkan lagi restitusi nya Rp27.56 juta, apabila itu tidak dibayarkan menjadi 1 tahun hukuman penjara," kata Amriadi di PN Jakarta Utara, Rabu (29/3/2023).

Follow Berita Okezone di Google News

"Jadi kalau kita total hukumannya sekarang menjadi 10,5 tahun, jadi hanya berkurang 1,5 tahun dari pertimbangan majelis hakim terhadap tuntutan jaksa," kata Ketua LBH RPA partai yang dikenal gigih memperjuangkan hak perempuan dan anak itu.

Sebagai informasi, JPU pada 1 Maret 2023 membacakan tuntutan kepada terdakwa selama 12 tahun.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini